Abdul Haris Terpilih Jadi Dekan Baru Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Dr. rer. nat. Abdul Haris, Selasa (7/1), terpilih sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI Periode 2014—2017. Hal tersebut merupakan ketetapan Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met dalam Seleksi Calon Dekan oleh Rektor. Abdul Haris sebelumnya telah melewati rangkaian proses pemilihan dekan yang berlangsung di FMIPA UI sejak November 2013.

Pria kelahiran tahun 1970 ini merupakan pengajar pada Departemen FISIKA FMIPA UI. Ia menamatkan pendidikan sarjana dan magisternya di FMIPA UI. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan doktor di Keil University, Jerman. Sebelum resmi menjabat sebagai dekan, Abdul Haris antara lain pernah menjabat sebagai sekretaris fakultas di FMIPA UI. Selain mengajar, ia juga aktif dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI).

Dalam menjalankan tugasnya ke depan, Abdul Haris memiliki lima strategi utama dan 57 program kerja. Strategi-strategi tersebut adalah penetapan perencanaan strategi yang tepat, membangun atmosfer riset dan budaya riset yang dinamis, perbaikan tata kelola melalui peningkatan integritas dan sinergitas sumber daya manusia. Selain itu, ia juga akan fokus meningkatkan hubungan dengan alumni dan memperluas jejaring kerja sama untuk mendukung kemandirian finansial. Sementara itu pada 100 hari pertamanya, ia akan melakukan pembenahan terhadap manajemen internal, serta sosialisasi untuk mengarahkan visi dan misi, serta pemantapan renstra.

Seleksi Calon Dekan oleh Rektor dilakukan Rektor bersama bersama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Bambang Wibawarta, S.S., M.A., Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerjasama Industri Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD(K), dan Sekretaris Universitas Prof. Dr. Ir. Tommy Ilyas, M.Eng. (KHN)

 

Author: admin

Share This Post On