Ratna Sitompul Terpilih Kembali Jadi Dekan Fakultas Kedokteran UI

Rabu (18/12) Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K) untuk kedua kalinya kembali terpilih menjadi Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UI. Hal tersebut merupakan ketetapan Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met dalam Seleksi Calon Dekan oleh Rektor. Seleksi Calon Dekan oleh Rektor dilakukan Rektor bersama bersama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Bambang Wibawarta, S.S., M.A., Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerjasama Industri Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD(K), dan Sekretaris Universitas Prof. Dr. Ir. Tommy Ilyas, M.Eng.

Ratna mendapat gelar dokter umum dari FK UI pada 1990. Selanjutnya, pada tahun 1994 ia menyelesaikan pendidikan spesialisnya di bagian ilmu penyakit mata FKUI. Kemudian, pada 2005 ia mendapatkan gelar doctor dari FK UI. Selain mengajar dan menjadi dekan, Ratna turut aktif dalam berbagai organisasi profesi kedokteran di antaranya di Ikatan Dokter Indonesia dan Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI).

Dalam periode keduanya, Ratna memiliki sejumlah misi antara lain meningkatkan kompetensi medical education untuk semua staf pengajar, meningkatakan akreditasi pendidikan S-2 dan S-3, memantapkan networking dalam pendidikan dan penelitian internasional. dlm pendidikan dan penelitian internasional. Selain itu, ia juga berkeinginan membangun struktur organisasi, tata kelola, sumber daya manusia, dan keuangan, serta membangun intergrasi FK, RSCM dan Rumah Sakit UI. Terkait dengan Program Jakarta Sehat yang merupakan kerja sama dengan Pemerintah DKI Jakarta, ia berjanji akan semakin memantapkan program tersebut agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat Jakarta semakin baik.(KHN)

Author: admin

Share This Post On