Bakal Calon Dekan Farmasi Berdialog dengan Warga Farmasi

Bertempat di Ruang Sidang Fakultas Farmasi, Selasa (3/12), Panitia Seleksi Calon Dekan (PSCD) Fakultas Farmasi (FF) menyelenggarakan dialog bakal calon dekan dengan warga FF yang terdiri staf pengajar, mahasiswa, dan karyawan. Enam bakal calon dekan yang berdialog adalah Dr. Amarila Malik, M.Si. Apt.Dr. Hayun, M.Si. Apt., Dr. Herman Suryadi, MS., Apt.Dr. Mahdi Jufri, M.Si., Apt.Dra. Retnosari Andrajati, Ph.D., Apt., dan Prof. Dr. Yahdiana Harahap, MS., Apt. Setelah masing-masing bakal calon dekan melakukan presentasi, Drs. Umar Mansur M.Sc., Apt. sebagai moderator mempersilakan hadirin untuk menyampaikan sejumlah pertanyaan.

Acara dimulai dengan presentasi dari Dr. Amarila Malik, M.Si. Apt.  Amarila antara lain menyebutkan bahwa jika terpilih menjadi dekan, ia akan terus melibatkan FF untuk aktif terlibat dalam kegiatan di tingkat internasional, seperti kerja sama penelitian dengan berbagai institusi di dunia, pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan tren internasional, serta pengabdian masyarakat mengusung isu-isu global. Presentasi kemudian dilanjutkan oleh Dra. Retnosari Andrajati, Ph.D., Apt. Ia menyampaikan bahwa ada tiga misi yang akan ia jalankan, yaitu menyelenggarakan pendidikan berkarakter berbasis riset untuk mengembangkan ilmu kefarmasian, menyelenggarakan kegiatan tri dharma perguruan tinggi dengan iklim akademik yang unggul, serta melakukan penelitian dan pengbdian masyarakat dalam bidang farmasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Setelah itu, bakal calon dekan FF yang menyampaikan presentasi adalah Dr. Mahdi Jufri, M.Si., Apt. Sama seperti presentasi sebelumnya, ia juga mengutarakan visi dan misinya jika terpilih sebagai dekan. Ia mengungkapkan akan meninjau kembali kurikulum, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, mengurangi jumlah mahasiswa baru yang masuk, serta publikasi jurnal internasional. Sementara itu, Dr. Hayun, M.Si. Apt. akan menekankan program kerjanya untuk meningkatkan sarana dan prasarana di Fakultas Farmasi. Ia juga akan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, kualitas riset dan pengabdian masyarakat, serta kualitas pelaksanaan pengelolaan fakultas.

Selanjutnya, bakal calon kelima yang melakukan presentasi adalah Dr. Herman Suryadi, MS., Apt. Ia menyampaikan pentingnya meninjau kembali beban kerja dosen, serta mendukung diselenggarakannya makan siang bersama seperti sebelumnya. Ia juga akan mengusulkan pembangunan gedung Fakultas Farmasi yang baru. Hal lainnya adalah menumbuhkan budaya riset, serta apresiasi terhadap staf pengajar yang berhasil mendapatkan hibah riset. Kemudian, presentasi terakhir disampaikan oleh Prof. Dr. Yahdiana Harahap, MS., Apt. Jika terpilih sebagai dekan, kata dia, ia akan meningkatkan jumlah staf pengajar, menggiatkan aktifitas ventura. Selain itu, ia juga akan meningkatkan kompetensi, kesejahteraan, serta jenjang karir para staf pengajar. Tak kalah penting, ia juga akan membangun sarana dan prasarana, berupa gedung baru yang terdiri dari ruang-ruang kuliah dan laboratorium.

Setelah kegiatan tersebut, PSCD Fakultas Farmasi kemudian akan menetapkan dan menyerahkan berkas tiga nama calon dekan yang maju ke tahapan selanjutnya kepada Rektor pada 9 Desember 2013. (KHN)

Author: admin

Share This Post On