Selamat Atas Terpilihnya Dekan Baru Fakultas Hukum

Senin, 18 November 2013, Topo Santoso, S.H., M.H., Ph.D resmi terpilih menjadi Dekan Fakultas Hukum (FH) UI periode 2013 – 2017. Keputusan tersebut ditetapkan Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met melalui Seleksi Calon Dekan oleh Rektor yang berlangsung di hari yang sama. Sebelumnya, Topo telah melewati serangkaian tahapan seleksi pemilihan dekan yang berlangsung di FH sejak September hingga November ini.

Seleksi Calon Dekan oleh Rektor dilakukan Rektor bersama Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Administrasi Umum Dr. Adi Zakaria Afiff,  Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerjasama Industri  Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD(K), serta Sekretaris Universitas Prof. Dr. Ir. Tommy Ilyas, M.Eng. Acara tersebut disaksikan bersama-sama sivitas UI di Balai Kirti, Gedung PAU serta melalui siaran langsung pada laman www.ui.ac.id.

Ada empat sasaran strategis yang akan dikerjakan Topo dalam empat tahun masa jabatannya. Hal pertama yaitu terkait manajemen, tata kelola, dan kesejahteraan pegawai. Sasaran berikutnya yaitu pada bidang akademik dan kemahasiswaan. Kemudiam sasaran yang ketiga adalah riset, sementara yang keempat adalah pengabdian masyarakat. Langkah-langkahnya dalam mewujudkannya antara lain, fokus pada pemetaan kapasitas sumber daya manusia untuk efektifitas pekerjaan. Topo juga bertekad meningkatkan jumlah buku teks yang ditulis oleh staf pengajar FHUI. Sementara itu, dalam bidang pengabdian masyarakat ia berupaya mendorong kerja sama dengan pemerintah daerah untuk membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan hukum, seperti masalah perdagangan wanita dan anak.

Pria kelahiran 1970 tersebut menamatkan pendidikan sarjana dan magisternya di Fakultas Hukum UI. Selanjutnya, pada tahun 2001 ia menempuh pendidikan doktoral di Fakultas Hukum, Universitas Malaya, Malaysia. Pria yang saat ini masih menjabat sebagai Pejabat Wakil Dekan Fakultas Hukum tersebut, pernah aktif sebagai anggota Panitia Pengawas Pemilu Pusat pada 2004. (KHN)

 

Author: admin

Share This Post On