Presentasi Terbuka 13 Balon Dekan FIB UI

Rabu, 6 November 2013 Panitia Seleksi Calon Dekan (PSCD) FIB UI menyelenggarakan Presentasi Terbuka Bakal Calon Dekan FIB. Presentasi 13 bakal calon dekan tersebut terlaksana di Gedung I di hadapan para staf pengajar, mahasiswa, dan karyawan FIB UI. Presentasi dibagi menjadi empat sesi. Tiga sesi pertama dilaksanakan presentasi dengan masing-masing tiga bakal calon, dan sesi terakhir dengan empat bakal calon. Pada sesi pertama bakal calon dekan yang melakukan presentasi yaitu Dr. Phil. Lily Tjahjandari, Dr. Abdurakhman, dan Prof. Dr. I Ketut Surajaya, M.A.

Pada presentasinya, presentasi Dr. Phil. Lily Tjahjandari menyampaikan targetnya untuk mengaktifkan kegiatan ventura, sehingga dapat meningkatkan pemasukan fakultas. Hal tersebut menurutnya dapat meningkatkan tunjangan kesehatan serta hari tua dosen dan karyawan FIB. Acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Dr. Abdurakhman. Program kerja yang ia sampaikan antara lain, doktorisasi dosen, beasiswa belajar tenaga kependidikan, dan akreditasi A untuk semua program studi di FIB. Selanjutnya, presentasi dari Prof. Dr. I Ketut Surajaya, M.Ang. Ia menekankan pada masalah krusial yang dihadapi FIB, yaitu pengelolaan keuangan yang semakin rumit. Hal lainnya adalah kurangnya jumlah guru besar di FIB, yang diharapkannya dapat ditingkatkan.

Pada sesi berikutnya, presentasi dilanjutkan oleh Manneke Budiman, Ph.D, Dr. Irmawati Marwoto, dan Dr. Donny Gahral Adian. Pada kesempatan tersebut, Manneke Budiman, Ph.D menyampaikan visi dan misinya jika terpilih menjadi dekan FIB periode 2013 – 2017. Ia antara lain akan fokus pada pengembangan Lembaga Bahasa Internasional (LBI), salah satunya dengan melibatkan LBI dalam manajemen FIB. Selanjutnya, menyusul presentasi oleh Dr. Donny Gahral Adian yang menyampaikan pentingnya pengajaran berbasis riset, dimana risetnya dilakukan sendiri oleh dosen bersangkutan. Terakhir di sesi ini, dilanjutkan dengan presentasi Dr. Irmawati Marwoto. Ia antara lain menekankan pentingnya perbaikan fasilitas di FIB, seperti kantin, ruang kuliah, serta ruang diskusi.

Kemudian pada sesi ketiga, presentasi dilakukan oleh Mina Elfira, Ph.D. Dalam pemaparannya, ia menyampaikan tentang pentingnya komunikasi dan interaksi yang baik sehingga dapat membangun tim yang kuat di FIB. Selanjutnya, pemaparan dari Dr. Ali Akbar. Sama seperti bakal calon yang lain, ia juga menekankan fokusnya pada kondisi keuangan yang tidak sehat, yang menyebabkan kurangnya kesejahteraan dosen dan karyawan UI. Selain itu ia juga akan memajukan tata kelola yang transparan, juga akreditasi program studi. Presentasi selanjutnya oleh Prof. Dr. Titik Pudjiastuti. Dalam pemaparannya, ia menyampaikan targetnya untuk meningkatkan jumlah lulusan yang tepat waktu, merencanakan akreditasi internasional, dan mengembangkan penelitian serta pengabdian masyarakat.

Selanjutnya sesi terakhir terdiri dari empat presentasi. Pertama, dari Dr. Irmayanti Meliono. Ia antara lain menekankan pentingnya gedung baru untuk melancarkan kegiatan perkuliahan di FIB, mengingat semakin banyaknya jumlah mahasiswa. Ia memiliki keinginan untuk membangun Gedung XI serta mendirikan pusat riset kajian Indonesia. Dilanjutkan dengan presentasi dari DrDiah Madubrangti. Ia antara lain menargetkan untuk melanjutkan keberhasilan program yang telah dilakukan oleh dekan-dekan sebelumnya. Ia juga akan melakukan pembinaan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di FIB. Menyusul setelahnya, ada presentasi dari Dr. Reni Winata, M. A. Fokusnya antara lain, melanjutkan riset-riset klaster unggulan yang fokus di kawasan tertentu. Ia juga menekankan pentingnya peremajaan institusi dari keuangan dan sumber daya manusia. Terakhir dalam wawancara terbuka ini, presentasi oleh Dr. Adrianus Waworuntu. Ia dalam rencana kerjanya menargetkan sejumlah hal seperti pembinaan warga FIB, pemantapan kinerja dan koordinasi antar program studi, dan koordinasi kegiatan penelitian dari berbagai unit yang terkait di FIB. (KHN)

Author: admin

Share This Post On